Minggu, 14 Juli 2013

KOMUNIKASI

KOMUNIKASI

1.      Pengertian dan  arti penting komunikasi
1.1   Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses dimana beberapa orang atau bahkan oganisasi saling berhubungan dalam penyampaian informasi, dimana informasi tersebut dapat berupa gagasan, idea tau pesan. Komunikasi dalam sebuah organisasi sangat penting, karena dengan adanya komunikasi maka kemungkinan kesalahpahaman yang akan terjadi menjadi lebih kecil.

1.2  Arti penting Komunikasi
Pada dasarnya manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki, komunikasi yang biasa di lakukan manusia berupa lisan, tulisan gerakan serta sinyal. Melalui komunikasi, sikap serta perasaan seseorang atau kelompok dapat dipahami oleh  pihak lain yang dapat menafsirkan informasi yang disampaikan.
Komunikasi memang sangat penting di dalam kehidupan, terutama dalam kehidupan berkelompok dan berorganisasi. Dengan komunikasi di dalam organisasi, pesan, ide, dan gagasan yang ada dapat disampaikan serta dikerjakan dengan baik. Dengan komunikasi suatu kelompok atau organisasi dapat hidup dengan baik karena komunikasi dapat menimbulkan kerja sama yang baik pula, komunikasi juga mempererat tali persaudaraaan antara sesama manusia.

       2.      Jenis dan Proses Komunikasi
      2.1  Jenis komunikasi
Komunikasi mempunyai dua jenis cara penyampaian :
a.      Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan sendiri mempunyai dua cara yang sering kita lakukan, yaitu secara langsung dann tidak langsung. Komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung adalah pembicaraan antara dua orang atau lebih yang saling bertatap muka tanpa dibatasi oleh perantara dan jarak apapun, biasanya dilakukan ketika beberapa orang yang sedang berdialog, berpidato, wawancara, dan rapat.
Sedangkan komunikasi lisan secara tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan melalui perantara alat seperti telepon atau alat lainnya yang dibatasi karena adanya jarak antara si pembicara dan lawan bicaranya.

b.      Komunikasi Tulisan
Adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara tulisan tanpa adanya pembicaraan langsung antara beberapa orang, dengan bahasa yang singkat , padat dan jelas yang dapat dimengerti oleh penerima. Komunikasi tulisan dapat berua surat-menyurat dan sms.

Jenis komunikasi yang lainnya adalah jenis komunikasi yang terdapat dalam organisasi, terdapat 3 jenis yaitu:

a.      Komunikasi formal dan informal
Komunikasi formal biasanya dilakukan oleh beberapa orang dengan menggunakan prilaku serta bahasa yang baku, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang sesuai dengan ejaaan yag ada. Sedangkan komunikasi informal adalah komunikasi yang tidak terikat dengan bahasa atau prilaku yang baku, biasanya komunikasi ini dilakukn antara sesame teman yang sedang berkomunikasi.

b.      Komunikasi kebawah dan keatas
Komunikasi kebawah merupakan komunikasi yang mengalir dari atas kebawah biasanya percakapan antara atasan dengan karyawannya untuk mendapatkan informasi tertentu, sedangkan komunikasi keatas adalah sebaliknya.

c.      Komunikasi satu arah dan dua arah
Komunikasi satu arah adalah komunikasi yang tidak meminta balasan/umpan balik kepenerima pesan. Sedangkan komunikasi dua arah adalah komunikasi yang membutuhkan balasan/umpan balik dari si penerima pesan

           2.2  Proses komunikasi
Dalam proses komunikasi, kita membutuhkan komunikator (pemberi dan penerima pesan) serta pesan yang disampaikan. Komunikator bermaksud berkomunikasi dengan orang lain agar dapat memperoleh atau menyaampaaikan informasi yang penting dalam bentuk bahasa maupun simbo-simbol yang dapat dimengerti, lalu pesan tersebut disampaikan secara langsung ataupun tidak langsung melalui media yang ada.

3.      Komunikasi Efektif
Adalah komunikasi yang mampu memberikaan perubahan sikap kepaada si penerima pesan, komunikasi efektif  juga merupakan komunikai dua arah yang perlu ada umpan balik atau balasan dari si penerima pesan.
 Terdapat  lima pondasi  yang dapat membangun Komunikasi Efektif yaitu :
-         Berusaha benar2 mengerti orang lain
(emphatetic communication)
-         Memenuhi komitmen / janji
-         Menjelaskan harapan
-         Meminta maaf dg tulus ketika membuat kesalahan
-         Memperlihatkan integritas pribadi

Sumber  :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar